04 December 2017

THE MECHANIC (ISTP)

Saya sebagai orang yang tergolong dalam tipe kepribadian MBTI berupa ISTP memiliki kemampuan untuk mengerti bagaimana sesuatu bekerja. Saya bagus dalam analisis logis dan senang menggunakannya dengan mempraktekkan langsung. Meskipun saya tidak suka dengan konsep dan teori, namun saya dapat melihat aplikasinya. Saya juga cukup mandiri dan membutuhkan tempat untuk membuat keputusan sendiri. Saya merasa tidak percaya untuk mengikuti aturan yang dapat menghambat kemampuan saya  untuk melakukan hal yang saya sukai seperti desain grafis dan video grafis. ISTP merupakan orang yang action-oriented, saya senang melakukan sesuatu. Mereka bukan tipe orang yang duduk di belakang meja sepanjang hari dan melakukan perencanaan jangka panjang.

  Berkepribadian ISTP membuat penilaian berdasarkan nilai personal, saya merasa penilaian dan keputusan harus dibuat terpisah. Saya tidak secara alami merasakan bagaimana tindakan saya berakibat pada orang lain. Sebagai ISTP, jika terlalu stres akan mudah meledak atau marah. Berikut penjelasan rinci dari konsep ISTP:

Introversion (I): Cenderung lebih pendiam dan suka menyendiri

Sensing (S): Lebih menyukai informasi yang konkrit daripada informasi yang abstrak atau konsep teori.

Thinking (T): Membuat keputusan berdasarkan logika daripada emosi personal.

Perceiving (P): Cenderung tidak merencanakan sesuatu dan membiarkan pilihan tetap terbuka.

  Saya sendiri sangat bagus dalam situasi krisis. Selain itu sebagai pribadi ISTP, saya merupakan orang yang easy-going dan cukup percaya diri dengan kondisinya. Kebutuhan untuk produktif mendorong saya untuk bisa mengembangkan gagasan dan kemampuan saya. Secara keseluruhan ISTP saya memiliki sifat positif seperti optimis, loyal pada sesama, dan dapat dipercaya, kreatif, rasional dan rileks. Sedangkan sifat negatif yang berada pada kepribadian ISTP adalah keras kepala, tidak sensitif dan penyendiri.

     Dengan segala kekuatan dan kelemahan dari kepribadian ini, saya ingin mengembangkan skill videografi dan desain grafis saya melalui start up dan media sosial. Gagasan awalnya adalah bernama OC Project (Optimistic Campaign Project). Sebuah media yang menghadirkan infografi dan videografi dengan muatan keilmuan dan pengetahuan psikologi. Sehingga ilmu psikologi dapat dipahami dan diakses dengan mudah oleh masyarakat awam. Semoga di tahun 2023 start up ini dapat terwujud dalam wadah website dan sosial media.

#pengembangandiri #psikologiunair #pengdir #pengdirC1

 


Kirim Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :